Cari

Agama Zoroaster yang Kini Semakin Terpinggirkan


Zoroastrianisme adalah salah satu yang tertua tetapi agama mungkin yang paling disalahpahami masih dipraktekkan saat ini. doktrin spiritual tentang surga, neraka dan kebangkitan sangat "mempengaruhi" agama lainnya seperti Yahudi, Islam dan Kristen. Baca juga: Sejarah Agama Monoteistik Zoroaster yang Dilupakan atau Ditenggelamkan?

Alasan emigrasi dan konversi ke Islam berabad-abad penindasan menurunkan jumlah mereka di Iran telah menyusut menjadi sekitar 45.000 jiwa.

Zoroastrianisme atau Majusi adalah sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut ZoroasterZoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran.

Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau "Tuhan yang bijaksana"

Tidak ada catatan tertulis dari waktu Zarathushtra itu. Paling awal tulisan referensi yang masih ada dari Zarathushtra adalah dari penulis Yunani dari 1000 SM. Nabi Zoroaster dan pengikut pertamanya dari proto-Indo-Iran yang hidup antara Zaman Perunggu dan Zaman Besi (1400 SM -1200 SM).).

Istilah "Nabi" adalah berasal dari Barat sebagaimana Zarathushtra ditunjuk "Khordad" atau orang yang unik yang telah mencapai kesempurnaan spiritual (ia memancarkan aura-"Khor") dalam hidupnya. Istilah "Za-rath-ush-tra" juga diterjemahkan ke sifat Ketuhanan (Zari/Hari) Chariot (Rath) yang membawa surgawi cahaya-pengetahuan (Ushtra).

Waktu migrasi masyarakat Iran ke Iran terutama diestimasi melalui catatan Asyur. Juga, Herodotus (101) telah menarik salah satu suku Mede untuk disebut "Magoi", lebih dikenal sebagai "Magis", suku yang diketahui telah memasukkan banyak imam, yang melayani baik Media dan Persia. Pada saat kerajaan Median (612 SM), Zoroastrianisme diketahui telah populer di kedua wilayah Pars (kemudian ibukota Persia) serta di daerah Timur.

Sejarah Panjang dan Pahit Zoroaster
Zaman Dinasti Akhemenid. Persia dipimpin oleh Cyrus Agung yang segera mendirikan dinasti Iran kedua, dan kekaisaran Persia pertama dengan mengalahkan dinasti Media di 549 SM. Persia yang memperluas kerajaan mereka, hingga Zoroastrianisme diperkenalkan ke Yunani kuno seperti Hermodorus, Hermippus, Xanthos, Eudoxus dan Aristoteles, masing-masing memberikan periode waktu berbeda mengenai kehidupan Zarathustra tetapi secara umum dipercayai bahwa dia menjadi seorang nabi Persia dan orang Yunani memanggilnya "Master of majus"

Meskipun tidak ada prasasti yang tersisa dari masa Cyrus tentang apa agamanya, api-altar ditemukan di Pasargadae, serta fakta bahwa ia menyebut putrinya Atossa, nama ratu Vishtaspa (royal patron Zoroaster), menunjukkan bahwa ia mungkin memang telah menjadi penganut Zoroaster.

Namun, jelas bahwa pada saat Darius Agung (549 SM-485/486 SM), kekaisaran itu dengan jelas mendukung Zoroastrianisme. Darius menyatakan di salah satu prasasti bahwa:
"Tuhan yang hebat adalah Ahura mazda, yang menciptakan bumi ini, yang menciptakan langit di sana, yang menciptakan manusia, yang menciptakan kebahagiaan bagi manusia, yang membuat Raja Darius, satu raja dari yang lain, satu tuan atas banyak orang"
Kota Persepolis
Persepolis (atau Parsa) adalah salah satu dari empat ibukota kekaisaran Achaemenid, dibangun oleh Darius Agung dan anaknya Xerxes, itu adalah sebuah kota mulia yang dikenal dunia sebagai "kota terkaya di bawah matahari". Itu juga merupakan ibukota perdagangan di Timur Dekat.

Salah satu fungsi utama dari Persepolis adalah untuk melayani sebagai tuan rumah dari festival Zoroaster kuno, Norouz. Oleh karena itu, setiap tahun perwakilan dari masing-masing negara di bawah kekuasaan Persia akan membawa hadiah untuk Persepolis dan untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada raja dan kerajaan.

Zoroaster pada zaman Dinasti Sassanid. Dinasti Sassanid (224-651 M) adalah kekaisaran Persia pertama yang menyatakan Zoroastrianisme sebagai agama negara dan memperkenalkan agama lebih dari sebelumnya. Hal ini diyakini bahwa Avesta (kompilasi dari teks-teks suci Zoroaster) pertama kali dikumpulkan dan disatukan pada zaman ini.

Nabi Mani
Nabi Mani adalah orang Iran dari Parthia yang dihormati dan sebagai akar yang mendirikan Manicaeisme yang mengandung banyak unsur Zoroastrianisme serta Gnostisisme, namun melihat pengalaman kehidupan di bumi oleh manusia dilalui sebagai sengsara, yang kontras dengan pandangan Zoroaster yang merayakan hidup melalui kebahagiaan.

Mani diterima baik oleh raja Shapur I dan menghabiskan bertahun-tahun di istana di mana ia dilindungi selama masa pemerintahan Shabuhr itu. Namun Mani menulis dalam bahasa Semit (bahasa suryani|Aram Syria), dan semua karyanya harus diterjemahkan ke dalam bahasa Persia Tengah oleh para pengikutnya, yang diberikan nama dewa tertinggi Mani sebagai Zurvan dan memanggilnya ayah dari Ohrmazd (Ahura mazdaAllah Wisdom, dewa utama Zoroastrianisme).

Zurvanism
Meskipun asal usul Zurvanite Zoroastrianisme tidak jelas, itu selama periode Sassanid yang diterima secara luas, dan banyak dari kaisar Sassanid setidaknya sampai batas tertentu Zurvanites. Zurvanism menikmati kerajaan selama era Sassanid tetapi tidak ada jejak tetap di luar abad ke-10.

Berbeda Mazdean Zoroastrianisme, Zurvanism menganggap Ahura Mazda bukan Pencipta transendental, tapi salah satu dari dua dewa yang sama-tetapi-sebaliknya di bawah supremasi Zurvan. Pusat Zurvanism yakin membuat Ahura Mazda (Tengah Persia: Ohrmuzd) dan Angra Mainyu (Ahriman) sebagai saudara kembar yang telah hidup selama-lamanya.

Catatan-catatan non Zoroaster yang biasanya mempunyai tipikal keyakinan Zurvanite adalah jejak pertama Zoroastrianisme yang mencapai barat, yang telah menyesatkan ilmuwan Eropa dan menyimpulkan bahwa Zoroastrianisme adalah agama dualisme.

Kultus Zoroaster dari Zurvan tidak harus bingung dengan penggunaan Manikeisme dari nama Zurvan dalam teks-teks Persia Tengah untuk mewakili Manichean sebagai dewa cahaya. Mani sendiri telah memperkenalkan praktik ini (mungkin untuk alasan politik) di Shapurgan, yang ia didedikasikan untuk pelindung Shapur II. Untuk sebagian besar sisa era Sassanid, para Manichaens adalah minoritas yang teraniaya, dan Mani dijatuhi hukuman mati oleh Bahram I.

Kuil Api suci
Tiga Kuil api suci besar Persia pada saat Sassanids adalah Adur FarnbagAdur Gushnasp dan Adur Burzen-Mihr yang dibakar di masing-masing Pars, Media dan Parthia. Dari ketiga ini, Adur Burzen-Mihr adalah api paling suci seperti yang terkait dengan nabi Zarathustra sendiri dan Raja Vishtaspa.
Penaklukan Arab dan di bawah Khilafah Islam
Kekaisaran Mongolia
Invasi Mongolia ke Iran mengakibatkan puluhan ribu orang tewas dan menghancurkan banyak kota. Awal penjajah Mongol yang memberikan sebagian besar perhatian mereka terhadap Muslim, yang mereka benci. Namun, dalam setengah abad penaklukan, pemimpin Il-KhanateGhazan Khan, menjadi seorang Muslim, yang tidak membantu status Zoroastrianisme di Iran. Namun, pada saat itu bangsa Mongolia diusir, provinsi Pars berhasil lolos dari kerusakan besar dan Zoroastrian pindah ke Utara Pars terutama di daerah Yazd dan Kerman, di mana bahkan sampai hari ini masyarakat Zoroastrian utama masih dapat ditemukan.

Dinasti Safawiyah
Dinasti Safawiyah Syiah menghancurkan komunitas dinamis Zoroastrianisme, penganut agama pra-Islam Iran. Sesuai dengan kebijakan resmi, Safawi ingin semua orang untuk mengkonversi ke sekte IslamSyiah  dan menewaskan ratusan ribu Sunni, Zoroastrianisme dan minoritas lain ketika mereka menolak untuk mengikuti perintah tersebut.

Mayoritas Zoroastrianisme juga pergi ke India meskipun sekitar 20% tetap tinggal, yang sebagian besar harus bermigrasi pada akhir abad ke-19 karena dinasti Qajar memberlakukan pembatasan lebih besar pada mereka.

Dinasti Qajar
Selama Dinasti Qajar, penganiayaan agama kepada Zoroastrianisme merajalela. Karena meningkatnya kontak dengan dermawan Parsi berpengaruh seperti Maneckji Limji Hataria, banyak para Zoroastrianisme meninggalkan Iran untuk pergi ke India. Di sana, mereka membentuk komunitas Zoroaster besar India kedua yang dikenal sebagai Iranis.

Sejarah modern
Dinasti Pahlavi
Mulai dari awal abad kedua puluh, Teheran, ibukota negara, mengalami migrasi cepat dari semua minoritas Iran. Populasi Zoroaster meningkat dari sekitar 50 pedagang di 1881-500 tahun 1912.

Selama masa pemerintahan Dinasti Pahlevi, Zoroastrianisme berubah dari menjadi salah satu minoritas yang paling teraniaya di Iran untuk simbol nasionalisme Iran. Gagasan ini dilakukan pada semua jalan melalui revolusi Islam Iran 1979 ketika Ayatollah Sadughi menyatakan bahwa "kami Muslim seperti cabang-cabang pohon, jika akar kita terputus, kita akan mengerut dan mati", juga perdana menteri terakhir sebelum revolusi Shapour Bakhtiar mengadakan pertemuan anti-Khomeini di Los Angeles pada hari festival Zoroastrian Mehregan (1980), dalam penghormatan kepada "nasionalisme sejati"

Pasca Revolusi
Revolusi Islam Iran
Pembentukan Republik Islam setelah revolusi Iran tahun 1979 menimbulkan banyak kemunduran bagi minoritas agama Iran. Sejak saat itu banyak Zoroastrian, dibantu oleh program Masyarakat Bantuan Imigran Ibrani, telah beremigrasi ke Amerika Serikat, serta Kanada, Australia, dan Inggris. Bersama dengan isu-isu luar perkawinan dan tingkat kelahiran yang rendah, hal ini menyebabkan penurunan yang signifikan dalam populasi Zoroaster Iran yang menurut hasil sensus 2012 Iran, saat ini berkisar 25.271 jiwa, meskipun ini merupakan peningkatan sebesar 27,5% dari penduduk tahun 2006.

Seperti Armenia, Assyria dan komunitas Yahudi Persia, Zoroastrianisme secara resmi diakui dan dengan alasan dari Konstitusi 1906 dialokasikan satu kursi di Parlemen Iran, saat ini dijabat oleh Esfandiar Ekhtiari Kassnavieh.

Tokoh penting dari Zoroastrianisme dalam abad ke-20:

  • Jamshid Bahman Jamshidian juga dikenal sebagai Arbob Jamshidi
  • Dr Farhang Mehr
  • Keikhosrow Shahrokh juga dikenal sebagai Arbob Keikhoshrow
Zoroaster di Iran
Zoroastrianisme di Iran adalah komunitas religius tertua di bangsa Persia, dengan sejarah panjang yang terus berlangsung sampai hari ini.

Sebelum Islamisasi Iran, Zoroastrianisme adalah agama utama di Iran. Sejak Kekaisaran Sassanid ditaklukkan oleh umat Islam pada abad 7 M, Zoroastrianisme di Iran telah menghadapi banyak diskriminasi agama, termasuk penggantian keyakinan secara paksa dan pelecehan meskipun secara teknis, Zoroaster dilindungi sebagai "Ahli Kitab" dalam Islam Syiah.

Menurut hasil sensus Iran tahun 2012, terdapat 28.271 Zoroastrianisme di Iran.

Referensi:
Baca Juga

Sponsor